CATATAN HASIL
VERIFIKASI GURU BERSERTIIKASI 2012.
Bagaimana
membangun alur pembelajaran, sehingga ketersediaan dokumen pembelajaran itu
berfungsi dan bermakna secara maksimal; terhindar dari hanya sekedar ada, sekedar
terpenuhi, bahkan sekedar SAJEN.
Kalau hanya
sekedar ada, mudah to, apalagi bagi yang familiar internet, apapun ada, tinggal
edit, beres. Kalau targetnya hanya limit
di sini, jangan kaget bila itu akan terasa amat-amat kering,
TIDAK HIDUP, TIDAK
PUNYA RUH. Okelah untuk pemula, tapi
bila ini dipertahankan mati2an, akan terbongkar, bila anda masih berkatagori
amat2 linear.
Lha, terus
bagaimana kita meniupkan ruh ke dalam dokumen 2 pembelajaran, sehingga bermakna
dan merupakan mercusuar segala target kita, ini adalah sebuah contoh kegiatan;
Contoh ;
Kegiatan UH 1
1.
Ada KD atau
beberapa KD sebagai bahan uji, yg ini dapat dilihat pada SILABUS dan atau
Prota/Promes .
2. Ada
Indikator refresentatifnya, sebagai bahan unt menyusun butir soalnya, ini bisa
di lihat pada SILABUS dan atau RPP.
3.
Kapan,
dapat dilihat pada PROMES
4. Ada
Instrumen Soal, yg diberi judul UH 1 KD......., ini bisa dicek pada Buku
Kumpulan Evaluasi.
5.
KKM
UH1?, bisa dilihat pada Analisis KKM.
6.
Koreksi
dan komentar motivasi?bisa ambil copy salah satu siswa, sebagai bukti dukung
7.
Hasil?dapat
dicek pada Buku Daftar Nilai
8.
Analisis
Hasil UH 1, bisa manual dan bisa pula pakai aplikasi program, yg penting kita
akan mengetahui sejauh mana tagihan itu tercapai unt setiap individunya, bila
dilihat dari KKM yg telah ditetapkan.
9.
Program
Tindak Lanjut?apakah REMEDIAL dan atau Pengayaan. Bila remedial kok harus
ulangan atau tugas, adakah butir soal/tugasnya, dan hasil koreksinya dan hasil
nilai ?
10.
Apakah masih
perlu REMEDIAL2? 3?
Nah, bila alur
ini kita bisa menerapkan secara konsis dan sistematis, maka keberadaan dokumen
yg kita buat dan siapkan akan konex dan mat dengan apa yg kita laksanakan dan
enak serta mudah crosceknya, bisa nyambung dan klik, oke.
0 komentar:
Posting Komentar