MGMP 2014

A.   Latar belakang
Profesi guru di dalam masyarakat adalah suatu profesi yang kompetitif. Ini memberi pemahaman bahwa profesi guru haruslah betul-betul memiliki karakteristik yang profesional karena sifat pekerjaannya, tetapi profesionalisme guru harus berhadapan dan  bersaing dengan profesi-profesi lainnya di dalam masyarakat.  Berbagai kegiatan di dalam masyarakat hanya menerima kinerja para profesional, artinya barang siapa yang tidak profesional tidak akan survive karena mereka tidak mampu berkompetisi dengan orang lain yang lebih profesional atau jenis profesi lainnya yang lebih kompetitif. Jika profesi guru tidak kompetitif dan tidak profesional, akan berakibat kepada mundur atau tidak berartinya profesi tersebut dalam masyarakat.

Guru-guru yang profesional inilah yang diharapkan dapat membawa, mengantarkan dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Jika guru tidak menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sulit bagi mereka untuk dapat membantu dan membimbing peserta didiknya mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Jadi jelaslah bahwa profesi guru adalah suatu profesi yang harus terus-menerus berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Upaya yang masih perlu ditingkatkan  adalah kinerja dan profesionalitas Guru. Pada era globalisasi sekarang ini, memaksa kita khususnya para guru untuk bisa mengenal, memahami  dan menguasai berbagai perkembangan IPTEK, karena ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari lembaga pendidikan. Untuk tetap bersaing dalam dunia yang semakin kompetitif ini, profesi guru haruslah betul–betul memiliki karakteristik yang profesional, baik itu yang berkaitan dengan sifat pekerjaannya maupun dalam beradaptasi dengan tuntutan kemajuan IPTEK, agar tetap bisa  bersaing dengan profesi-profesi lainnya di dalam masyarakat. 
Dalam Permendikbud no 81 b tahun 2013 disebutkan bahwa Pendidikan  perlu  mengantisipasi  dampak  global  yang  membawa masyarakat  berbasis  pengetahuan  di  mana  IPTEKS  sangat berperan  sebagai  penggerak utama  perubahan.  Pendidikan  harus terus  menerus  melakukan  adaptasi  dan  penyesuaian perkembangan  IPTEKS  sehingga  tetap  relevan  dan  kontekstual dengan  perubahan.  Oleh  karena  itu,  kurikulum  harus dikembangkan  secara  berkala  dan  berkesinambungan  sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni  Akan tetapi pada praktiknya, tidak sedikit dari guru-guru kita yang serba ketinggalan dengan perkembangan IPTEK, bahkan ironisnya peserta didik lebih cepat dalam mengikuti perkembangan IPTEK dibanding gurunya.
Besarnya keinginan guru-guru di kabupaten purworejo untuk meningkatkan profesionalitasnya melalui pertemuan MGMP sudah menjadi keniscayaan agar pertemuan MGMP harus diselenggarakan  Namun pelaksanaan MGMP ini tidak mungkin dapat terlaksana tanpa ada anggaran yang memadai. Perlu adanya perhatian dari pihak-pihak terkait agar pertemuan MGMP dapat terlaksana rutin.

B.   Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan  dalam penyelenggaraan  MGMP SMP ini, antara lain:
1.      Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945: Pembukaan pada alinea 4,  dan Bab XIII Pendidikan, pasal 31,  ayat (1) dan ayat (2);
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, Bab XI Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pasal 30 sampai dengan pasal 44;
3.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
4.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
6.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal;
7.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru;
8.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2009  tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Guru Yang Diangkat dalam Jabatan Pengawas Satuan Pendidikan;
9.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota;
10.   Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
11.   Permendikbud nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
12.   Permendikbud nomor 81b tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
13.   Permendikbud nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian


C.   Tujuan
Tujuan Umum:
Meningkatkan profesionalitas guru mata pelajaran matematika SMP di Kabupaten Purworejo.
Tujuan Khusus :
  1. Meningkatkan pengetahuan dan penguasaan oleh  guru-guru SMP di Kabupaten Purworejo dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran menyongsong diimplementasikannya kurikulum 2013 di sekolah masing-masing
  2. Mendapatkan informasi tentang Kurikulum 2013 , PKB dan PKG

D.   Sasaran
Sasaran dari kegiatan “Workshop MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulum 2013 Tahun Pelajaran 2013/2014” adalah 50(lima puluh) Guru matematika yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi untuk meningkatkan profesionalitasnya. dan akan mengimplementasikan kurikulum 2013.pada waktunya

E.   Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan MGMP ini adalah:
1.    Teringkatnya pengetahuan dan penguasaan oleh  guru-guru SMP di Kabupaten Purworejo tentang penggunaan TI dalam pembelajaran
2.    Diperolehnya informasi tentang pengimplementasian Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Matematika

F.    Manfaat
1.    Bagi siswa
Memperoleh layanan  mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, bermakna dan bermutu, dan dibimbing oleh guru yang profesional, sesuai dengan standar nasional pendidikan,
2.    Bagi Guru
Memiliki peluang untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan standar nasional pendidikan melalui kegiatan MGMP
3.    Bagi Sekolah
Memiliki guru-guru yang profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan standar nasional pendidikan
4.    Bagi MGMP
Memilki peluang untuk memberdayakan guru-guru di sekolah, kecamatan dan kabupaten melalui berbagai kegiatan sehingga dapat mewujudkan guru-guru yang kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan standar nasional pendidikan
5.    Bagi Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pendidikan
Memiliki guru-guru yang kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di kabupaten Purworejo sesuai dengan standar nasional pendidikan

6.    Bagi Pemerintah :
1.    Secara nasional pemerintah memilki guru- guru yang kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan.
2.    Tertingkatnya mutu layanan pendidikan nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
3.    Tertingkatnya mutu pendidikan nasional.


G.   Dampak
Dampak yang ingin dipetik melalui pelaksanaan kegiatan MGMP Matematika SMP Kabupaten Purworejo adalah sebagai berikut.
1.    Terdapat perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi pembelajaran oleh guru-guru matematika SMP di Kabupaten Purworejo, terutama menyongsong diimplementasikannya kurikulum 2013.
2.    Meningkatnya frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP SMP di Kabupaten Purworejo
3.    Meningkatnya profesionalitas guru anggota MGMP SMP di Kabupaten Purworejo yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir.
4.    Meningkatnya keberdayaan MGMP SMP dalam pengembangan karir.
5.    Meningkatnya perolehan angka kredit guru SMP di Kabupaten Purworejo
6.    Meningkatnya kinerja guru SMP di Kabupaten Purworejo.

7.    Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran.



BAB II
RENCANA KEGIATAN

A.           NAMA KEGIATAN
Workshop MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulum 2013  pada Tahun Pelajaran 2014/2015.

B.   MATERI KEGIATAN
  1. Perubahan Mindset
  2. Rasionalisasi Kurikulum 2013
  3. SKL, KI dan KD
  4. Konsep pendekatan Saintifik.
  5. Konsep Penilaian Otentik
  6. PKB dan PKG
  7. Pembelajaran Matematika berbasis IT

C.   PANITIA DAN TIM PEMANDU
·         Susunan Panitia
1.      Penanggung Jawab :    Suratno, S.Pd
2.      Ketua                           :    Drs Susetiyono, MPd. Si
3.      Wakil Ketua                :    Drs. Supadi Abdul Tohir, MM
4.      Sekretaris 1                 :    Wage Suparman, S.Pd
5.      Sekretaris 2                 :    Safrudin Fajar Nugroho, M.Pd
6.      Bendahara 1              :    Dra Sinta
7.      Bendahara 2              :    Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
8.      Anggota                       :    Amin Tauhid, S.Pd
Turahman, S.Pd
Dra Rr Wahyu Trisetiyati




·         Pemandu :
1.    Drs. Susetiyono, MPd. Si
2.    Safrudin Fajar Nugroho, M.Pd
3.    Dra. Sinta
4.    Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
5.    Wage Suparman, S.Pd

D.   TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan  MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulim 2013  Tahun Pelajaran 2014/2015 dilaksanakan di SMP Negeri 3 Purworejo Jl. Mardihusodo no 3 Kutoarjo.

E.   TATA WAKTU KEGIATAN
Kegiatan  MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulim 2013 Tahun Pelajaran 2014/2015 dilaksanakan selama 3 hari, yaitu : Pertemuan I        Rabu, 4 Juni 2014, Pertemuan II Selasa, 10 Juni 2014, dan Pertemuan III Rabu, 11 Juni 2014. Volume pertemuan terdiri atas 3 x 7 Jam = 21 jam pertemuan (@45 menit)

Adapun rincian agenda kegiatan sebagai berikut:

Pertemuan I,  Rabu, 4 Juni 2014
No
Pukul
Kegiatan
Pemateri/Pemandu
1
07.30 – 08.30
Pembukaan
Ketua MKKS
2
08.30 – 09.15
Merubahan Mindset
Drs Susetiyono, M.Pd
3
09.15 – 10.00
Merubahan Mindset
Drs Susetiyono, M.Pd

10.00 – 10.20
istirahat

4
10.20 – 11.05
Rasionalisasi Kurikulum 2013
Dra. Sinta
5
11.05 – 12.00
Rasionalisasi Kurikulum 2013
Dra. Sinta
6
12.00 – 12.45
Konsep pendekatan Saintifik.
Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
7
12.45 – 13.30
Konsep pendekatan Saintifik
Seno Aji Prasetiyo, S.Pd


Pertemuan II, Selasa, 10 Juni 2014
No
Pukul
Kegiatan
Pemateri/Pemandu
1
07.30 – 08.15
SKL, KI , KD dan Silabus
Dra. Sinta / Seno AP
2
08.15 – 09.00
SKL, KI , KD dan Silabus
Dra. Sinta / Seno AP
3
09.00 –  09.45
SKL, KI , KD dan Silabus
Dra. Sinta / Seno AP

09.45 – 10.05
Istirahat

4
10.05 – 10.50
Konsep Penilaian Otentik
Safrudin Fajar N, M.Pd
5
10.50 – 11.35
Konsep Penilaian Otentik
Safrudin Fajar N, M.Pd
6
11.35 – 12.30
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Wage Suparman, S.Pd
7
12.30 – 13.15
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Wage Suparman, S.Pd

Pertemuan III,  Rabu, 11Juni 2014
No
Pukul
Kegiatan
Pemateri/Pemandu
1
07.30 – 08.15
PKB dan PKG
Drs Susetiyono, MPd Si
2
08.15 – 09.00
PKB dan PKG
Drs Susetiyono, MPd Si
3
09.00 –  09.45
PKB dan PKG
Drs Susetiyono, MPd Si

09.45 – 10.05
Istirahat

4
10.05 – 10.50
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Safrudin Fajar N, M.Pd
5
10.50 – 11.35
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Safrudin Fajar N, M.Pd
6
11.35 – 12.30
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Wage Suparman, S.Pd
7
12.30 – 13.15
Pembelajaran Matematika berbasis IT
Wage Suparman, S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar