A. Latar
belakang
Profesi
guru di dalam masyarakat adalah suatu profesi yang kompetitif. Ini memberi
pemahaman bahwa profesi guru haruslah betul-betul memiliki karakteristik yang
profesional karena sifat pekerjaannya, tetapi profesionalisme guru harus
berhadapan dan bersaing dengan profesi-profesi
lainnya di dalam masyarakat. Berbagai
kegiatan di dalam masyarakat hanya menerima kinerja para profesional, artinya
barang siapa yang tidak profesional tidak akan survive karena mereka tidak
mampu berkompetisi dengan orang lain yang lebih profesional atau jenis profesi
lainnya yang lebih kompetitif. Jika profesi guru tidak kompetitif dan tidak
profesional, akan berakibat kepada mundur atau tidak berartinya profesi
tersebut dalam masyarakat.
Guru-guru
yang profesional inilah yang diharapkan dapat membawa, mengantarkan dan
menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Jika guru tidak menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi, sulit bagi mereka untuk dapat membantu dan
membimbing peserta didiknya mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut. Jadi jelaslah bahwa profesi guru adalah suatu profesi yang harus
terus-menerus berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Upaya yang
masih perlu ditingkatkan adalah kinerja
dan profesionalitas Guru. Pada era globalisasi sekarang ini, memaksa kita
khususnya para guru untuk bisa mengenal, memahami dan menguasai berbagai perkembangan IPTEK,
karena ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari lembaga
pendidikan. Untuk tetap bersaing dalam dunia yang semakin kompetitif ini,
profesi guru haruslah betul–betul memiliki karakteristik yang profesional, baik
itu yang berkaitan dengan sifat pekerjaannya maupun dalam beradaptasi dengan
tuntutan kemajuan IPTEK, agar tetap bisa
bersaing dengan profesi-profesi lainnya di dalam masyarakat.
Dalam
Permendikbud no 81 b tahun 2013 disebutkan bahwa Pendidikan perlu
mengantisipasi dampak global
yang membawa masyarakat berbasis
pengetahuan di mana
IPTEKS sangat berperan sebagai
penggerak utama perubahan. Pendidikan
harus terus menerus melakukan
adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS
sehingga tetap relevan
dan kontekstual dengan perubahan.
Oleh karena itu,
kurikulum harus dikembangkan secara
berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni Akan tetapi pada praktiknya, tidak sedikit
dari guru-guru kita yang serba ketinggalan dengan perkembangan IPTEK, bahkan
ironisnya peserta didik lebih cepat dalam mengikuti perkembangan IPTEK dibanding
gurunya.
Besarnya
keinginan guru-guru di kabupaten purworejo untuk meningkatkan
profesionalitasnya melalui pertemuan MGMP sudah menjadi keniscayaan agar
pertemuan MGMP harus diselenggarakan Namun
pelaksanaan MGMP ini tidak mungkin dapat terlaksana tanpa ada anggaran yang
memadai. Perlu adanya perhatian dari pihak-pihak terkait agar pertemuan MGMP
dapat terlaksana rutin.
B. Dasar
Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan
MGMP SMP ini, antara lain:
1.
Undang-Undang
Dasar Republik Indonesia Tahun 1945: Pembukaan pada alinea 4, dan Bab XIII Pendidikan, pasal 31, ayat (1) dan ayat (2);
2.
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, pasal 30 sampai dengan pasal 44;
3.
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
4.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan;
5.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
6.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyusunan
dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal;
7.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 tentang
Sertifikasi Guru;
8.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Guru
Yang Diangkat dalam Jabatan Pengawas Satuan Pendidikan;
9.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 tentang
Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota;
10.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis
Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
11.
Permendikbud
nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
12.
Permendikbud
nomor 81b tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan
13.
Permendikbud
nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian
C. Tujuan
Tujuan Umum:
Meningkatkan profesionalitas
guru mata pelajaran matematika SMP di Kabupaten Purworejo.
Tujuan Khusus :
- Meningkatkan
pengetahuan dan penguasaan oleh
guru-guru SMP di Kabupaten Purworejo dalam pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam pembelajaran menyongsong diimplementasikannya kurikulum
2013 di sekolah masing-masing
- Mendapatkan informasi tentang Kurikulum 2013 , PKB
dan PKG
D. Sasaran
Sasaran
dari kegiatan “Workshop MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong
Implementasi Kurukulum 2013 Tahun Pelajaran 2013/2014” adalah 50(lima puluh) Guru matematika yang memiliki komitmen
dan dedikasi tinggi untuk meningkatkan profesionalitasnya. dan akan
mengimplementasikan kurikulum 2013.pada waktunya
E. Hasil
Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari
pelaksanaan MGMP ini adalah:
1.
Teringkatnya
pengetahuan dan penguasaan oleh
guru-guru SMP di Kabupaten Purworejo tentang penggunaan TI dalam
pembelajaran
2.
Diperolehnya
informasi tentang pengimplementasian Kurikulum 2013 dalam pembelajaran
Matematika
F. Manfaat
1.
Bagi
siswa
Memperoleh layanan mengikuti pembelajaran yang menyenangkan,
bermakna dan bermutu, dan dibimbing oleh guru yang profesional, sesuai dengan
standar nasional pendidikan,
2.
Bagi
Guru
Memiliki peluang untuk
meningkatkan kompetensinya sesuai dengan standar nasional pendidikan melalui
kegiatan MGMP
3.
Bagi
Sekolah
Memiliki guru-guru yang
profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan
standar nasional pendidikan
4.
Bagi
MGMP
Memilki peluang untuk
memberdayakan guru-guru di sekolah, kecamatan dan kabupaten melalui berbagai
kegiatan sehingga dapat mewujudkan guru-guru yang kompeten, profesional dan
mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan standar nasional
pendidikan
5.
Bagi
Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pendidikan
Memiliki guru-guru yang
kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di kabupaten
Purworejo sesuai dengan standar nasional pendidikan
6.
Bagi
Pemerintah :
1.
Secara
nasional pemerintah memilki guru- guru yang kompeten, profesional dan mampu
meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan.
2.
Tertingkatnya
mutu layanan pendidikan nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
3.
Tertingkatnya
mutu pendidikan nasional.
G. Dampak
Dampak
yang ingin dipetik melalui pelaksanaan kegiatan MGMP Matematika SMP Kabupaten
Purworejo adalah sebagai berikut.
1.
Terdapat
perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi pembelajaran oleh guru-guru matematika
SMP di Kabupaten Purworejo, terutama menyongsong diimplementasikannya kurikulum
2013.
2.
Meningkatnya
frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP SMP di Kabupaten Purworejo
3.
Meningkatnya
profesionalitas guru anggota MGMP SMP di Kabupaten Purworejo yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi
dalam pengembangan karir.
4.
Meningkatnya
keberdayaan MGMP SMP
dalam pengembangan karir.
5.
Meningkatnya
perolehan angka kredit guru SMP di Kabupaten
Purworejo
6.
Meningkatnya
kinerja guru SMP di Kabupaten
Purworejo.
7.
Meningkatnya
mutu dan kebermaknaan pembelajaran.
BAB II
RENCANA KEGIATAN
A.
NAMA KEGIATAN
Workshop
MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015.
B. MATERI
KEGIATAN
- Perubahan
Mindset
- Rasionalisasi
Kurikulum 2013
- SKL,
KI dan KD
- Konsep
pendekatan Saintifik.
- Konsep
Penilaian Otentik
- PKB dan PKG
- Pembelajaran Matematika berbasis IT
C. PANITIA DAN TIM PEMANDU
·
Susunan
Panitia
1.
Penanggung
Jawab : Suratno,
S.Pd
2.
Ketua : Drs Susetiyono, MPd. Si
3.
Wakil
Ketua : Drs. Supadi Abdul Tohir, MM
4.
Sekretaris
1 : Wage Suparman, S.Pd
5.
Sekretaris
2 : Safrudin Fajar Nugroho, M.Pd
6.
Bendahara
1 : Dra Sinta
7.
Bendahara
2 : Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
8.
Anggota : Amin Tauhid, S.Pd
Turahman, S.Pd
Dra Rr Wahyu Trisetiyati
Turahman, S.Pd
Dra Rr Wahyu Trisetiyati
·
Pemandu
:
1.
Drs.
Susetiyono, MPd. Si
2.
Safrudin
Fajar Nugroho, M.Pd
3.
Dra.
Sinta
4.
Seno
Aji Prasetiyo, S.Pd
5.
Wage
Suparman, S.Pd
D. TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan MGMP
Matematika SMP Tahun 2014 dalam Menyongsong Implementasi Kurukulim 2013 Tahun Pelajaran 2014/2015 dilaksanakan di SMP
Negeri 3 Purworejo Jl. Mardihusodo no 3
Kutoarjo.
E. TATA WAKTU KEGIATAN
Kegiatan MGMP Matematika SMP Tahun 2014 dalam
Menyongsong Implementasi Kurukulim 2013 Tahun Pelajaran 2014/2015 dilaksanakan
selama 3 hari, yaitu : Pertemuan I
Rabu, 4 Juni 2014, Pertemuan II Selasa, 10 Juni 2014, dan Pertemuan III Rabu, 11
Juni 2014. Volume pertemuan terdiri atas 3 x 7 Jam = 21 jam pertemuan (@45
menit)
Adapun
rincian agenda kegiatan sebagai berikut:
Pertemuan I, Rabu, 4 Juni 2014
No
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Pemateri/Pemandu
|
1
|
07.30 –
08.30
|
Pembukaan
|
Ketua MKKS
|
2
|
08.30 –
09.15
|
Merubahan Mindset
|
Drs Susetiyono, M.Pd
|
3
|
09.15 –
10.00
|
Merubahan Mindset
|
Drs Susetiyono, M.Pd
|
|
10.00 –
10.20
|
istirahat
|
|
4
|
10.20 –
11.05
|
Rasionalisasi Kurikulum 2013
|
Dra. Sinta
|
5
|
11.05 –
12.00
|
Rasionalisasi Kurikulum 2013
|
Dra. Sinta
|
6
|
12.00 –
12.45
|
Konsep pendekatan Saintifik.
|
Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
|
7
|
12.45 –
13.30
|
Konsep
pendekatan Saintifik
|
Seno Aji Prasetiyo, S.Pd
|
Pertemuan II, Selasa, 10 Juni 2014
No
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Pemateri/Pemandu
|
1
|
07.30 –
08.15
|
SKL,
KI , KD dan Silabus
|
Dra. Sinta / Seno AP
|
2
|
08.15 –
09.00
|
SKL, KI ,
KD dan Silabus
|
Dra. Sinta / Seno AP
|
3
|
09.00
– 09.45
|
SKL, KI ,
KD dan Silabus
|
Dra. Sinta / Seno AP
|
|
09.45 –
10.05
|
Istirahat
|
|
4
|
10.05 –
10.50
|
Konsep
Penilaian Otentik
|
Safrudin Fajar N, M.Pd
|
5
|
10.50 –
11.35
|
Konsep
Penilaian Otentik
|
Safrudin Fajar N, M.Pd
|
6
|
11.35 –
12.30
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Wage Suparman, S.Pd
|
7
|
12.30 –
13.15
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Wage Suparman, S.Pd
|
Pertemuan III, Rabu, 11Juni 2014
No
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Pemateri/Pemandu
|
1
|
07.30 –
08.15
|
PKB
dan PKG
|
Drs Susetiyono, MPd Si
|
2
|
08.15 –
09.00
|
PKB dan
PKG
|
Drs Susetiyono, MPd Si
|
3
|
09.00
– 09.45
|
PKB dan
PKG
|
Drs Susetiyono, MPd Si
|
|
09.45 –
10.05
|
Istirahat
|
|
4
|
10.05 –
10.50
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Safrudin Fajar N, M.Pd
|
5
|
10.50 –
11.35
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Safrudin Fajar N, M.Pd
|
6
|
11.35 –
12.30
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Wage Suparman, S.Pd
|
7
|
12.30 –
13.15
|
Pembelajaran Matematika berbasis
IT
|
Wage Suparman, S.Pd
|
Silahkan Download undangan disini..
0 komentar:
Posting Komentar