BAGAIMANA MEMBANGUN SEBUAH ALUR KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DAN COCOK DENGAN DATA DUKUNGNYA;SEBUAH CONTOH?

CATATAN HASIL VERIFIKASI GURU BERSERTIIKASI 2012.
Bagaimana membangun alur pembelajaran, sehingga ketersediaan dokumen pembelajaran itu berfungsi dan bermakna secara maksimal; terhindar dari hanya sekedar ada, sekedar terpenuhi, bahkan sekedar SAJEN.
Kalau hanya sekedar ada, mudah to, apalagi bagi yang familiar internet, apapun ada, tinggal edit, beres.  Kalau targetnya hanya limit di sini, jangan kaget bila itu akan terasa amat-amat kering,
TIDAK HIDUP, TIDAK PUNYA RUH.  Okelah untuk pemula, tapi bila ini dipertahankan mati2an, akan terbongkar, bila anda masih berkatagori amat2 linear.
Lha, terus bagaimana kita meniupkan ruh ke dalam dokumen 2 pembelajaran, sehingga bermakna dan merupakan mercusuar segala target kita, ini adalah sebuah contoh kegiatan;
Contoh ; Kegiatan UH 1
1.      Ada KD atau beberapa KD sebagai bahan uji, yg ini dapat dilihat pada SILABUS dan atau Prota/Promes .
2.     Ada Indikator refresentatifnya, sebagai bahan unt menyusun butir soalnya, ini bisa di lihat pada SILABUS dan atau RPP.
3.         Kapan, dapat dilihat pada PROMES
4.    Ada Instrumen Soal, yg diberi judul UH 1 KD......., ini bisa dicek pada Buku Kumpulan Evaluasi.
5.         KKM UH1?, bisa dilihat pada Analisis KKM.
6.         Koreksi dan komentar motivasi?bisa ambil copy salah satu siswa, sebagai bukti dukung
7.         Hasil?dapat dicek pada Buku Daftar Nilai
8.         Analisis Hasil UH 1, bisa manual dan bisa pula pakai aplikasi program, yg penting kita akan mengetahui sejauh mana tagihan itu tercapai unt setiap individunya, bila dilihat dari KKM yg telah ditetapkan.
9.         Program Tindak Lanjut?apakah REMEDIAL dan atau Pengayaan. Bila remedial kok harus ulangan atau tugas, adakah butir soal/tugasnya, dan hasil koreksinya dan hasil nilai ?
10.     Apakah masih perlu REMEDIAL2? 3?
Nah, bila alur ini kita bisa menerapkan secara konsis dan sistematis, maka keberadaan dokumen yg kita buat dan siapkan akan konex dan mat dengan apa yg kita laksanakan dan enak serta mudah crosceknya, bisa nyambung dan klik, oke.

0 komentar:

Posting Komentar